src="https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js" type="text/javascript">

Senin, 23 April 2018

Al Fathan vs Al Hufaz

Selamat hari buku internasional tgl 23 April. Sudahkah Al Qur'an menjadi bacaan favorit kita?

Karena belum, maka saya memacu diri saya sendiri biar cemumun bacanya. Dengan cara apa? Salah satunya dg membeli Al Qur'an baru..!! 😝

Hehehe kaya anak kecil aja ya, biar rajin sholat, dibeliin mukena baru. Ini biar rajin baca Qur'an, beli baru jugaaa πŸ˜πŸ˜…πŸ˜‚

Emang Al Qur'an lama kenapa?
Ya gpp, cuma lagi nyari yg sesuai kebutuhan aja.


Well, yg bilang ini riya, monggoh lah ya terserah. Hati orang hanya Allah yg tahu.  Yg mau ikutan tumbas juga, silakeun ya, search aja di toped, shopee, buka lapak, atau di toko-toko kitab terdekat, barang kali ada.

***

Jadi, setelah sekian tahun menjadi umat islam, saya baru ngeh, bahwasanya mushaf al Qur'an itu namanya beda² tergantung penerbitnya..😝 *kemane aje lo Piettt.. hahaha.

Isinya sama, sama-sama Al Qur'an.  Tapi ukurannya beda². Ada yang A4, A5, A6, adapula yang lebih kecil atau lebih besar. Selain ukuran, yang membedakan juga kelengkapannya. Ada yang disertai terjemahan bahasa Indonesia/Inggris, ada yang dilengkapi tajwid kode/warna, ada yang dilengkapi asbabun nuzul, dzikir pagi/petang, ayat-ayat tentang wanita, ayat-ayat bertema sama, dll. Adapula mushaf Al Qur'an yang dicetak sengaja untuk tujuan tertentu, misalnya untuk hafalan. Karena bermacam-macam jenisnya, maka masing-masing penerbit pun memberi nama yang berbeda-beda pula.

Well, review kali ini jatuh ke dua buah Qur'an pilihan saya:  AL FATHAN & AL HUFAZ

1) AL FATHAN
Penerbit : Al Fatih Berkah Cipta, Jakarta.

Tujuan utama saya milih ini karena Isser sering nanya, misal nih, "Innalladzi artinya apa Bunda?" 😝 Kl pas lagi murojaah kan ga seru ya, masa aku kudu buka google transale dulu, heheheu.

Dari situ, saya search Al Qur'an yang terjemahan per-kata. Sekian model huruf hijaiyah, font terjemahan, warna tulisan, kelengkapan (ada tajwidnya, warna & keterangan) akhirnya saya jatuh hati ke Al Fathan 😍. IMHO ini yg paling komplit dan paling enak dibaca..πŸ‘ Saudaranya Al Fathan ada Al Fatih, tapi IMHO komplitan ini sih menurutku, karena Al Fatih tajwidnya ga beda warna, cuma pakai kode angka.

2) AL HUFAZ
Penerbit : Cordoba, Bandung.

Sebenarnya Al Fathan saja sudah cukup sih. Buat hafalan, mushaf Qur'an jenis apapun juga bisa. Tapi entah mengapa saya pengen tumbas yang Cordoba juga. Pertimbangan saya, anakku loro. Biasa tumbas-tumbas sesuatu ya loro sisan, tapi harus beda biar saling melengkapi. Kalau sama kan ya mubadzir, bisa saling pinjam saja gituh.. heheheu.

Nah, di Al Hufaz ini, pembaca diarahkan bisa hafal satu halaman dalam waktu 5 jam 😝. Satu halaman dibagi 5 warna, dengan pembagian ayat yg sudah ditentukan. Colorful banget lah. Menarik untuk dibaca..😍 Ada terjemahannya pula, tapi bukan perkata. Ada tabel muroja'ah, ada penggalan awal kalimat untuk menghafal murojaah, motivasi-motivasi, kontak kontrol, tema ayat, dsb. Intinya, Al Hufaz ini cocok banget lah untuk belajar hafalan.. recomended (y) . Saudaranya Al Hufaz ada Al Hafiz, tapi IMHO tidak sekomplit ini. Jadi teteup.. Al Hufaz paling enak di hati 😍

Nah, dari dua mushaf ini, seandainya digabung, keren kali yakkk.. Warna-warni ada kolom-kolom bantu buat muroja'ah kaya di Al Hufaz, tapi disertai tajwid beda warna dan terjemahan seperti di Al Fathan. Heheheu nyetak mushaf dewek Piet.. πŸ˜πŸ˜…πŸ˜‚ *etapi siapa tau ya kan, dulu tahun 2010 saya ngimpi pengen BBm-an di Android waktu jaman hitz²nya BlackBerry. Eh sekarang, udah bisa begitu, malah BBm perlahan-lahan mulai ditinggalkan..  😝 lebih nyaman via WA. Blackberry riwayatmu kini..  ;)

Baiklah, demikian review singkat mengenai mushaf Al Qur'an. Mumpung sya'ban, katanya kudu pemanasan nih, biar pas Ramadhan ude stabil.. 😝 Yuk ah, buruan tumbas. Ga bwt diri sendiri ya boleh disumbangkan.. ;) murah kok. Yg A5 cuma sekitar 50-60rb. In syaa Allah bermanfaat.

Selamat hari buku ya teman-teman.. Apapun buku favoritmu, tapi Al Qur'an jangan sampai terlewatkan. πŸ’ͺ



2 komentar:

  1. Keduanya bagus nih. Beli dimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bismillaahirrahmaanirrahiim.
      Di berikhtiar.com/Azal1a.Store.97c ada Al Hufaz dengan harga subsidi dari Rp86.000,00 menjadi Rp38.800,00 saja. Biidznillaah disubsidi oleh para donatur Beramal Jariyah.
      Barang biidznillaah cepat habis.
      Ditujukan untuk donasi maupun pemakaian pribadi.
      Tidak diperbolehkan dijual kembali.
      Setiap restocks biidznillaah cepat habis dalam beberapa menit.
      Kalau mau ikut waiting list bisa chat Azal1a via whatsapp.
      Selengkapnya lihat di linktr.ee/Azal1a , one click for Azal1a's links, termasuk nomor whatsapp.
      Jazaakumullaahu khayran wallaahu yubaarik fiykum.

      Hapus

src="https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js" type="text/javascript">