src="https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js" type="text/javascript">

Minggu, 15 April 2018

Belajar Bahasa Arab


Nyesel. Nyesel, kenapa setua ini baru tergerak hatinya buat belajar bahasa Arab.. :'(

Tapi tetepan, kata pepatah, lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali (1), ya kan? Atau, pepatah ke (2), tidak ada kata terlambat untuk belajar. πŸ’ͺ

Iya, makanya saya kalau lihat teman-teman yang mudanya pernah belajar di pesantren, kadang tuh suka iri. Kenapa ya, dulu orang tua ga mondokin saya. Heheheu. Ah sudahlah, ga baik nyalahin orang tua melulu. Yang jelas itu sudah takdir Allah. Dan pula, masih banyak kebaikan-kebaikan orang tua yang kadang lupa kita syukuri. Astaghfirullah.. hikz.

Well..
Jadi, ceritanya gini. Qodarullah, dipertemukan dengan teman-teman yang salihah, mengajak datang ke majlis ilmu. Lebih tepatnya bahasa Arab dan tahsin (yang Tahsin bahas kapan-kapan saja ya).

Ustadzahnya tu sabaaarrr... bangetttt..😍 membimbing kami-kami yang bener-bener dari 0 ini. Ya ada sih, beberapa teman yang memang sudah pernah belajar sebelumnya. Tapi bagi saya, ini benar-benar ilmu baru.

Pertama kali belajar bahasa Arab.. ada kesan yang sungguh mendalam tentang bahasa ini.

1) IMHO, ini benar-benar bahasa paling keren sedunia. Kenapa coba? Ya bayangin aja ya, Al Qur'an itu kan bahasa yang dipakai sekitar abad 8 (700-an). Lah, ajaibnya, bahasa itu sampai sekarang masih dipakai...! 😱 Wow maasyaa Allah. Coba, bayangin Indonesia. Dari tahun 800-an sampai tahun 2018, sudah berapa kali ganti bahasa coba.. heheheu. Tahun segitu kan mungkin jamannya Candi Borobudur baru dikedukin pondasinya kali ya? Heheheu. Atau malah belum, mungkin (kalau ga salah dibangun tahun 824 M).

Ya udah kalau Indonesia terlalu plural dibandingkan sama Arab yang mungkin bahasanya lebih homogen. Sekarang bandingin aja sama Inggris deh, coba. Kita buka bukunya William Shakespeare versi asli ya. Coba baca. Kalau ente-ente bisa ngerti itu semua kosa kata yang ada di situ.. πŸ‘πŸ‘. Salut. Bisa jadi ya emang karena ente dosen Sastra Inggris 😝 heheheu. Lah soale itu sebagian kata di Hamlet atau Romeo Juliette ternyata menggunakan bahasa Inggris kuno yang notabene sudah tidak dipakai lagi dalam percakapan orang sono sekarang. Padahal, itu kan bikinan abad 16-an ya.. tapi ya gitu deh. Emang bahasa Arab te o pe begete dahhh. Haha.

2) Kalau kita ngerti bajasa Arab, pas baca Qur'an jadi ngerti artinya, walau dikit-dikit. Apalagi bacaan sholat. Nahlooo.. hahaha. Ada yang sering ngeblank pas sholat? Lupa udah roka'at keberapa gituh?! πŸ‘†aku bangettt kwkwkw. Nah, itu tuh salah satu penyebabnya, selain karena godaan syaiton, ya karena kita ga tahu artinya kwkwkw. Padahal udah berapa puluh tahun kita sholat coba? Masa masih gitu-gitu doang sih, ga da perkembangan hahaha. Ya makanya, ayooo belajar bahasa Arab. Karena sholat itu amalan pertama yang bakalan dicek kelak (ini fakta apa fiksi hayouuw 😝). Lah gimana mau pede dicek sama malaikat, sementara kita paham arti bacaannya juga kagak... :'(

3) Kesan selanjutnya adalah.. Jan-jane awal-awale yang bikin bahasa Arab itu sapa sih? Heheheheu. Unik bangetttt yakin. Itu tuh persis kaya awal-awal saya belajar bahasa Prancis. Dulu mikirnya, orang Prancis ini iseng banget sih. Udah bacaan beda ma tulisan, ehh.. masih ada istilah konjugasi yang beda-beda. Jadi, tiap kata kerja punya akhiran sendiri tergantung subjek dan keterangan waktunya gituh.. πŸ˜…

Ya emang sih, bagi orang luar, belajar bahasa Jawa juga rumit. Semacam mempelajari tiga bahasa sekaligus, yaitu: ngoko, ngoko alus, dan kromo inggil. Eh tapi kalau bahasa Ngapak sih ya ga serumit itu hahaha. Ya tapi apapun itu lah ya, menurutku masih mending lah di bahasa Jawa: ga ada istilah dhomir.. 😝 hahaha.

Perlu dicatat, bukan berati dhomir itu ga bisa dipelajari ya. Iya susah sih susah, tapi kalau kita bersungguh-sungguh, in syaa Allah bisa lah. Tuhhh.. Buktinya di Indonesia sendiri juga banyak yang menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa percakapan sehari-hari hehe. Ya iya lah, wong di pondok pesantren kwkwkw. Etapi ada loh, temanku, rumahnya di daerah pesisir utara Jawa sono, ngobrol sehari-hari ma Ayah Ibunya pakai bahasa Arab, padahal mereka bukan keturunan Arab, hehe. Maasyaa Allah. Itulah, kenapa saya tu gemanaaa gitu kalau ada orang yang komenin orang  yang baru belajar belajar bajasa Arab, belum apa-apa kok  komennya sudah, "Itu belum seberapaaa.. Nanti, kalau sudah ketemu dhomir..!" πŸ˜… Gaes, perlu diingat. 1) semangat belajarmu dengan orang yang kamu komenin itu beda. 2) strategi belajarmu dengan orang yang kamu komenin, beda. 3) pengalaman belajar-bahasamu dengan orang yang kamu komenin, beda. Ada orang yang cepat belajar bahasa, ya dia emang tipe orang yang gampang menerima bahasa baru. Ada pula tipe orang pemertahan bahasa. Jadi, dalam pemerolehan bahasa baru tu lamaaa bgt. Karena emang otaknya sudah otomatis menutup diri, alias lebih nyaman, pede, seneng, atau apalah istilahe, dalam menggunakan bahasa yang sudah ada. Beda-beda sih tiap orang. Jadi buat yang sudah pinter bahasa Arab, please.. lebih baik semangati saja temanmu ini, daripada komen sesuatu yang bernada meden-medeni atau mengunder-estimate-kan orang lain, ya kan? ;) Nah, buat yang belum pinter, ayuh mari kita belajar..😍 

In syaa Allah, tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah. Kalau kitanya sungguh-sungguh, ya sesulit apapun bakal dicoba dan tidak putus asa. Yang penting niat. Dan jangan lupa, sebelum belajar, berdo'a dulu ya Gaes.. Robbisrohli sodri, wa yassirli amri, wah lul uqdatammillisani, yafqohu qouli. Robbi zidni 'ila, warzukni fahma, aamiin. :-) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

src="https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js" type="text/javascript">